Besarnya Gaji Pegawai Kejaksaan Negeri Indonesia

Gaji Pegawai Kejaksaan - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai Gaji Pegawai Kejaksaan. Kejaksaan merupakan suatu lembaga negeri yang mengurus peradilan hukum di Indonesia. Berbeda dengan pengadilan yang merupakan lembaga yang akan menjadi lembaga yang menyediakan peradilan atas suatu kasus kriminal dan perselisihan. Tugas kejaksaan ini lebih kepada pengurusan penyidikan dan juga penuntutan atas kasus berupa ham dan kasus lainnya yang dinilai lebih berat dibandingkan dengan kasus peradilan. Dalam suatu kejaksaan terdiri atas beberapa staf oleh karena itu gaji pegawai kejaksaan juga akan berbeda sesuai dengan tugasnya di kejaksaan.

Pegawai kejaksaan biasanya juga adalah seorang pegawai negeri. Ada beberapa golongan pegawai negeri yang bekerja di kejaksaan mulai dari golongan 2A hingga golongan 3. Untuk gaji pegawai kejaksaan golongan 2A akan sesuaikan gaji pegawai negeri pada umumnya. Yang akan membedakan gaji pegawai kejaksaan dari pegawai lainnya merupakan tunjangan yang akan di terima oleh masih-masih staf pegawai negeri. Seorang pegawai kejaksaan tingkat kabupaten penghasilan yang akan di terima bisa lebih dari 5 juta. Hal itu sudah termasuk dengan beragam tunjangan yang di terima setiap bulannya atau tunjangan tahunan.

Pegawai negeri di kejaksaan tidaklah mudah untuk bisa masuk. Dengan gaji pegawai kejaksaan yang cukup tinggi pastinya akan membuat orang berusaha keras masuk ke sini. Akan tetapi untuk masuk sebagai PNS di kejaksaan Anda harus memenuhi banyak tes dan syarat. Terutama apabila Anda ingin menjadi seorang jaksa. Antara jaksa dan staff kejaksaan memang memiliki perbedaan yang cukup jauh. Terutama untuk seorang jaksa sangat memungkinkan untuk ia naik jabatan jaksa hingga pada akhirnya dia bisa dipindah menjadi jaksa untuk lembaga yang lebih tinggi. Akan tetapi menjadi staff kejaksaan atau menjadi tentunya tidaklah semudah selain tes Anda juga harus siap dengan semua tekanan yang mungkin saja Anda terima.

Staf kejaksaan yang rata-rata PNS menjadi peluang besar untuk para fresh graduate S1 untuk menjadi salah satu staf atau jaksa di suatu kejaksaan. Dengan gaji CPNS kejaksaan fresh graduate atau lulusan yang sudah lama termasuk seimbang maka pekerjaan ini cukup banyak diburu. Apabila Anda bisa bekerja dengan baik maka gaji pegawai kejaksaan yang dimiliki akan ditambah dengan tunjangan kerja. Dimana tunjangan ini akan didapatkan apabila seorang pegawai mampu menunjukkan kerja yang baik dan maksimal.

Bekerja sebagai jaksa atau staf kejaksaan merupakan suatu pekerjaan mulia. Kita bisa mengabdi kepada negara lewat lembaga peradilan ini. Terutama apabila Anda bisa menunjukkan kerja yang baik dan adil. Dengan kerja baik dan adil tak hanya gaji pegawai kejaksaan akan naik akan tetapi juga sangat memungkinkan seorang pegawai naik jabatan. Oleh karena itu karier Anda akan lebih baik dan tentunya hidup Anda juga akan lebih baik. Akan tetapi perlu diingat karena kehidupan hukum sangat rawan akan suap Anda harus siap akan hal itu. Jangan sampai uang yang dikonsumsi bukanlah hasil resmi dari kejaksaan akan tetapi dari para tersangka yang ingin dimudahkan kasusnya.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai Gaji Pegawai Kejaksaan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.