Informasi Cara Menghitung Gaji Karyawan Menggunakan Excel Dengan Mudah

Menghitung Gaji Karyawan Menggunakan Excel - Pada saat berikut ini akan diberikan informasi mengenai Menghitung Gaji Karyawan Menggunakan Excel. Bagi Anda yang sedang belajar cara menggunakan Microsoft Office Excel, alangkah lebih baik jika Anda juga mempelajari bagaimana cara menghitung gaji karyawan dengan Excel. Sesungguhnya, cara menghitung gaji karyawan akan menjadi sangat mudah terlebih didalam software Excel sendiri memiliki fungsi matematika yang bisa digunakan sebagai media mempermudah pekerjaan hitung menghitung dan mengalkulasikan data. Adapun dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung haji karyawan dengan hitungan per hari, dan disediakan dalam bentuk contoh menghitung gaji karyawan dengan Excel.
contoh menghitung gaji karyawan,cara menghitung gaji karyawan,perhitungan gaji karyawan,slip gaji karyawan,program gaji karyawan,laporan gaji karyawan,cara menghitung gaji,gaji karyawan,
Baca Juga : Gaji Pegawai Imigrasi

Untuk pertama kalinya Anda harus menguasai fungsi-fungsi Excel terlebih dulu. Fungsi yang akan paling banyak digunakan dalam artikel ini yaitu fungsi NETWORKDAYS. Fungsi ini memang sudah tersedia di program Excel dan dalam fungsi ini komputer secara otomatis menghitung kerja per hari dalam 5 hari per Minggunya. Pastinya kita bisa menambahkan hari libur nasional apabila memang ada. Fungsi sebaiknya Anda tekuni setelah Anda mengetahui rumus date and time yang disediakan oleh Excel. Hal ini disebabkan karena menghitung gaji karyawan dengan Excel juga akan berhubungan dengan rumus tersebut .

Dalam menghitung gaji karyawan dengan Excel, untuk syntax yang bisa kita tuliskan di kolom Excel yaitu =NETWORKDAYS (start_date ; end_date ; Holidays). Start date sendiri yaitu tanggal mulai kerja setelah karyawan menerima gaji setiap bulannya, dan end date yaitu tanggal akhir sebelum karyawan menerima gaji yang akan dibayarkan. Nah, untuk fungsi Holidays yaitu ketika Anda akan menambahkan hari libur yang tidak dihitung sebagai hari kerja. Hari tersebut haruslah di luar hari Sabtu dan Minggu sebagai default hari libur.

Seperti rumus Excel pada umumnya, dalam menghitung gaji karyawan dengan Excel Anda hanya perlu menuliskan nama atau kode kolom untuk setiap perhitungan yang akan Anda mulai. Sebagai contoh, saat Anda menginginkan jumlah total keseluruhan gaji seorang karyawan diakhir masa kerjanya, maka pada cell tertentu ditempat Anda ingin nomor tersebut muncul bisa Anda tuliskan =NETWORKDAYS (D16 ; E16 ; D10). Perlu Anda ingat kembali, bahwa kolom atau cell D16 yaitu menunjukkan tanggal mulai bekerja. Cell E16 yaitu tanggal akhir bekerja, dan cell D10 yaitu hari dimana merupakan berlibur nasional.

Setelah Anda menentukan wilayah fungsi NETWORKDAYS nya, ada satu hal yang perlu Anda lakukan yaitu adalah menambahkan fungsi absolut ($). Fungsi ini ditempatkan pada cell hari libur tambahan. Apabila sebelumnya hari libur tambahan ada di cell D10, maka penambahan fungsi absolutnya menjadi $D$10. Sehingga rumusnya berubah menjadi =NETWORKDAYS (D16 ; E16 ; $D$10). Fungsi absolut akan sangat berguna jika Anda memiliki karyawan yang sangat banyak. Dan Anda hanya tinggal memasukkan gaji karyawan per harinya, dan dikalikan hari kerja untuk mendapatkan keseluruhan total gaji. Fungsi dan rumus ini bisa juga Anda gunakan sebagai cara menghitung gaji karyawan perusahaan.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai cara menghitung gaji karyawan menggunakan Excel. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.